Sabtu, 12 Februari 2011

Baju Selayang Pandang

Baju adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat berteduh/tempat tinggal (rumah). Manusia membutuhkan baju untuk melindungi dan menutup dirinya. Namun seiring dengan perkembangan kehidupan manusia, baju juga digunakan sebagai simbol status, jabatan, ataupun kedudukan seseorang yang memakainya. Perkembangan dan jenis-jenis baju tergantung pada adat-istiadat, kebiasaan, dan budaya yang memiliki ciri khas masing-masing. baju juga meningkatkan keamanan selama kegiatan berbahaya seperti hiking dan memasak, dengan memberikan penghalang antara kulit dan lingkungan. baju juga memberikan penghalang higienis, menjaga toksin dari badan dan membatasi penularan kuman.
Daftar isi
1 Fungsi
2 Aspek Budaya
2.1 Perbedaan Jenis Kelamin
2.2 Status Sosial
2.3 Agama
3 Bahan baju
4 Jenis-jenis baju
5 Pranala luar

Fungsi

Salah satu tujuan utama dari baju adalah untuk menjaga pemakainya merasa nyaman. Dalam iklim panas busana menyediakan perlindungan dari terbakar sinar matahari atau berbagai dampak lainnya, sedangkan di iklim dingin sifat insulasi termal umumnya lebih penting.
baju melindungi bagian tubuh yang tidak terlihat. baju bertindak sebagai perlindungan dari unsur-unsur yang merusak, termasuk hujan, salju dan angin atau kondisi cuaca lainnya, serta dari matahari. baju juga mengurangi tingkat risiko selama kegiatan, seperti bekerja atau olahraga. baju kadang-kadang dipakai sebagai perlindungan dari bahaya lingkungan tertentu, seperti serangga, bahan kimia berbahaya, senjata, dan kontak dengan zat abrasif. Sebaliknya, baju dapat melindungi lingkungan dari pemakai baju, seperti memakai masker.

Aspek Budaya

Perbedaan Jenis Kelamin
Dalam kebanyakan budaya, perbedaan baju antara kedua jenis kelamin dianggap pantas untuk laki-laki dan perempuan. Perbedaan dalam gaya, warna dan kain.
Dalam masyarakat Barat, rok, gaun dan sepatu hak tinggi biasanya dilihat sebagai baju perempuan, sementara dasi biasanya dilihat sebagai baju pria. Celana pernah dilihat sebagai baju khusus laki-laki, tetapi saat ini dikenakan oleh kedua jenis kelamin. baju pria kadang-kadang lebih praktis daripada baju perempuan (yaitu, mereka dapat berfungsi dengan baik dalam berbagai macam situasi), tetapi baju wanita kadang-kadang lebih luas dalam hal model daripada baju pria. Pria biasanya diperbolehkan untuk bertelanjang dada dalam berbagai tempat umum, seperti di kolam berenang. Biasanya wanita diperbolehkan memakai baju pria. Namun sebaliknya, pria yang memakai baju wanita seringkali dianggap aneh.
Dalam beberapa budaya, hukum mengatur apa yang pria dan wanita diharuskan memakai. Agama Islam memerlukan perempuan untuk memakai bentuk-bentuk yang lebih sederhana dari baju, biasanya jilbab. Apa yang memenuhi syarat sebagai sederhana bervariasi dalam masyarakat yang berbeda, namun, wanita biasanya diperlukan untuk menutup tubuh mereka lebih banyak dari laki-laki. Anggaran baju dikenakan oleh wanita muslim untuk tujuan dari jangkauan kesederhanaan dari jilbab untuk burqa.


Jubah Alim Khan mengirimkan pesan sosial tentang kekayaan, status, dan kekuasaannya
Pria kadang-kadang dapat memilih untuk memakai rok pria seperti togas atau kilt, terutama pada acara-acara seremonial. baju seperti itu (di masa sebelumnya) sering dipakai sebagai baju sehari-hari normal dengan laki-laki. Dibandingkan dengan baju pria, baju wanita cenderung menarik, sering dimaksudkan untuk memperlihatkan kepada laki-laki. Di negara-negara industri modern, perempuan lebih cenderung memakai rias wajah, perhiasan, dan baju berwarna-warni, sedangkan di sangat tradisional budaya perempuan dilindungi dari tatapan pria dengan baju sederhana.
Status Sosial
Di sebagian masyarakat, baju dapat digunakan untuk menunjukkan peringkat atau status.Di Roma kuno, misalnya, hanya para senator yang diizinkan untuk memakai baju yang dicelup dengan warna ungu Tyrian. Di Cina, sebelum pembentukan republik, hanya kaisar bisa memakai baju berwarna kuning. Dalam masyarakat tanpa hukum ini, yang mencakup sebagian besar masyarakat modern, status sosial bukan ditandai dengan pembelian barang langka atau mewah yang dibatasi oleh biaya kepada mereka dengan kekayaan atau status.
Agama
baju Agama mungkin dianggap sebagai baju spesial. baju agama terkadang dipakai hanya selama kinerja upacara keagamaan. Namun, juga dapat dipakai sehari-hari sebagai penanda status agama khusus.
Bahan baju

Pada awalnya, manusia memanfaatkan kulit pepohonan dan kulit hewan sebagai bahan baju, kemudian memanfaatkan benang yang dipintal dari kapas, bulu domba serta sutera yang kemudian dijadikan kain sebagai bahan baju. Kini dikenal berbagai macam jenis jenis kain diantaranya
Sutera
Wol
Tetoron
Mori


baju adat Yunani
Jenis-jenis baju

Kemeja
T-shirt
Kaus
Kaus kaki/Tangan
Jubah
Jilbab
Celana
Syrwal (Celana setengah betis)
Topi
Dasi
Sarung
Rok
Sorjan
baju adat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar