Rabu, 09 Februari 2011

Industri Kreatif

Pada tanggal 2 April 2008, Inkubator Industri dan Bisnis ITB menyelenggarakan seminar nasional Industri Kreatif untuk Kesejaheraan Bangsa. Menteri Perdagangan RI Dr. Mari Elka Pangestu di undang sebagai keynote speaker dan dimoderatori oleh Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, Msc.
Didalam acara tersebut Inkubator Industri dan Bisnis ITB juga mengumumkan pemenang "Call for Industry Proposal" yang merupakan upaya Inkubator Industri dan Bisnis ITB dalam menjaring generasi entrepreneur muda kampus untuk dibina dan dikembangkan menjadi entrepreneur dibidang industri kreatif yang tangguh dimasa depan.

Pembicara-pembicara dalam seminar tersebut antara lain: Bapak Firmansyah Dirjen Destination mewakili menteri Pariwisata dan Budaya, Bapak Warsito Dirjen IATT Depperin, Bapak Indra Utoyo mewakili Direktur Telkom, Purwacaraka dan Yoris Sebastian dari industri kreatif dibidang musik, Togar Simatupang staf pengajar Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, Bapak Drs. Ema Sumarna, Msi mewakili Walikota Bandung, Suhono Supangkat kepala UPT Inkubator Industri dan Bisnis, Yudhi Soerjaatmodjo dari The British Council.

Pada saat itu menteri perdagangan juga menyerahkan buku Studi Industri Kreatif Indonesia kepada Rektor ITB. Buku ini merupakan hasil kerja departemen perdagangan sejak bulan September 2007 dalam memahami potensi ekonomi industri kreatif di Indonesia. Studi versi final didalam buku ini menunjukkan angka 6,3% kontribusi terhadap GDP nasional. Buku ini adalah buku pertama yang diluncurkan oleh Departemen Perdagangan RI. Setelah buku ini akan ada buku kedua: Rencana Pengembangan Industri Kreatif Indonesia 2025, buku ketiga: Rencana Pengembangan Strategi Sektoral Industri Kreatif Indonesia, dan buku keempat: Rencana Kegiatan Pengembangan Industri Kreatif di Departemen Perdangan RI (semua judul masih tentatif, namun pembuatan buku-buku tersebut tengah dijalankan).


Ikubator Industri dan Bisnis ITB juga melucurkan buku dengan judul yang sama dengan judul seminar yaitu Industri Kreatif: untuk Kesejahteraan Bangsa. Buku ini berisi kumpulan sudut pandang pemerintah, pemerhati, institusi swasta dan institusi pendidikan. Tim Indonesia Design Power juga menyumbangkan tulisan berjudul "Triple Helix Inovasi berbasis Desain" (Innovation by Design).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar