Selasa, 08 Februari 2011

Mobil Nasional

Jakarta - Masih ingat mobil rakitan karya anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bernama Esemka? Rencananya impian anak-anak muda bangsa untuk memproduksi massal mobil karya mereka akan segera terealisasi.

Rencananya mobil nasional favorit pembaca detikOto ini akan segera diproduksi dan diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2010 mendatang. Dengan diluncurkannya mobil itu, diharapkan semangat generasi muda untuk berkarya dapat lebih terpacu.

"Akan ada dua model yang akan diluncurkan yakni Sport Utility Vehicle (SUV) bernama Rajawali dan double cabin bernama Digdaya," ujar Corporate Secretary PT Autocar Industri Komponen (AIK) Oki Sanyoto kepada detikOto, Jumat (14/5/2010).

AIK sendiri adalah perusahaan yang membantu para siswa SMK untuk mengembangkan mobil karya mereka ini. "Sementara untuk ATPM-nya kita sudah ada kerja sama dengan PT Solo Manufaktur Kreasi," jelas Oki.

Produksi massal kedua produk itu lanjut Oki akan mengajari para siswa, bahwa selain bisa merakit mobil sendiri ada beberapa faktor seperti layanan purna jual, ketersediaan spare part dan service yang menentukan keberhasilan sebuah
merek di pasaran.

"Dengan ini semua jadi bisa belajar," tukasnya.

Kedua mobil ini sendiri dirakit dan dikembangkan oleh lima SMK yakni SMK 2 Solo, SMK 5 Solo, SMK Warga Solo, SMK Muhammadiah Borobudur dan SMK 1 Singosari.

Sementara untuk urusan dapur pacunya, baik Rajawali dan Digdaya rencananya akan diperkuat oleh beberapa pilihan mesin.

"Kami sudah siapkan mesin bensin berkapasitas 1.800 cc, 2.000 cc dan 2.200 cc, sedangkan untuk diesel kami sudah siapkan 2.500 cc," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar